PENERAPAN TEORI ANTRIAN UNTUK MENGANALISA PELAYANAN PADA PALANG PINTU MASUK KENDARAAN RODA DUA DI PASAR ALOK MAUMERE

  • Agustinus Lambertus Suban
  • Kuirinus Sani Maran
  • Yosef Petrus Minggo

Abstract

Pada umumnya antrian yang cukup panjang dapat menimbulkan ketidak nyamanan para indiviud yang dilayani. Banyak sekali antrian yang dapat dijumpai dalam keseharian, menunggu bagi sebagian besar orang adalah hal yang membosankan. Dalam kasus ini penulis mengambil contoh pada palang pintu masuk Pasar Alok Maumere. Dari hasil analisa ditemukan beberapa masalah seperti tingkat pelayanan yang kurang efektif sehingga menyebabkan timbulnya antrian. Untuk mengatasi hal ini, digunakan metode simulasi antrian. Di dalam penelitian ini akan diuraikan simulasi untuk mencari solusi efektifitas waktu pelayanan sehingga dapat mengurangi tingkat antrian. Dari hasil penelitian dan analisa data,panjang antrian rata-rata adalah 7,34 kendaraan, dengan rata-rata waktu tunggu kendaraan dalam sistem Ws = 1/ m(1- r) = 1/μ ( 1 – p ) = 1 / 240 ( 1 – 0,891 ) = 1 / 240(0,108) = 138,46 detik atau 138 detik =2 menit 3 detik. Dengan demikian maka pengelola palang pintu (operator) harus mengatur kecepatan kerja untuk meminimalisir antrian.

References

Hardiyani, Rini. 2013. Analysis Of Queuing Theory Application On The Payment Systems Of Supermarket At Golden Market Jember.Jawa Timur.

Susanto Tri, Aurino Djamaris Dan Hermiyetti. 2012. Analisis Dan Simulasi Sistem Antrian Bus Rapid Transit (Brt) Trans-Jakarta Pada Halte Transit BNN.Jakarta.

Supriyandi, dkk. 2014, Perancangan Sistem Simulasi Antrian Pelayanan Galeri Indosat Tuban Jawa Timur Dengan Metode FIFO

Sakti, Wahyu., 2004, Implementasi Model Sistem Antrian Pelayanan Berbasis PC, TEKNO, Vol:1, Februari 2004, ISSN: 1693-8739

Elida Putri. 2009. Simulasi Antrian dan Implementasinya. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

http://repository.usu.ac.id/bitstream / 123456789 / 14072 / 1 / 09E02904. PDF [akses tgl 09 Januari 2019]

Published
2022-01-12
Section
Artikel