SISTEM INFORMASI PEMBUATAN AKTA FIDUSIA KANTOR NOTARIS & PPAT C. Y. DOMINGGUS BAPA, SH., M.KN

  • Dona D. M. S. Vinata universitas nusa nipa
  • Conchita J. Chandra universitas nusa nipa
  • Yanter. W. B Woda universitas nusa nipa

Abstract

Teknologi informasi telah digunakan di semua bidang, salah satunya untuk mengelola data-data pada kantor notaris. Namun kantor Notaris dan PPAT C. Y. DOMINGGUS BAPA, SH., M.Kn masih menggunakan metode pembukuan secara manual untuk melakukan pencatatan penomoran akta, yang selanjutnya digunakan dalam proses pengurusan akta, salah satunya akta fidusia. Hal ini menimbulkan permasalahan terjadinya pengulangan dalam penomoran akta, kesulitan dalam pencarian data yang ditumpuk dalam bentuk arsip berupa kertas-kertas, serta kesulitan dalam pembuatan laporan bulanan. Selain itu, saat tim pemeriksa data akta dari Majelis Pemeriksaan Daerah akan melakukan pemeriksaan, prosesnya membutuhkan waktu yang lama karena data harus diperiksa satu persatu secara manual. Untuk itu perlu dibangun aplikasi berbasis komputer untuk menangani hal-hal tesebut. Metode yang digunakan dalam pembangunan aplikasi adalah modified waterfall. Dengan dibangunnya aplikasi sistem informasi dapat mempermudah dalam pengelolaan data debitur, kreditur, registrasi dan pembuatan akta fidusia dengan cepat dan akurat, mempermudah proses pencarian data dan pembuatan laporan bulanan. Selain itu penyimpanan juga dapat terorganisir dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil uji coba berdasarkan kuesoner, dimana terdapat 68,75% responden memilih sangat setuju dan 31,25% responden memilih setuju, yang menunjukan bahwa aplikasi sudah memenuhi standar dari aspek Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) dan dapat meningkatkan pelayanan pembuatan akta fidusia.

References

Ramadhan, F. dan Nurahman, 2016, Sistem Informasi Administrasi Kependudukan Kelurahan Baamang Tengah menggunakan Borland Delphi 7 dan SQL Server 2005, Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), No. 1, Vol. 6, http://jurnal.unda.ac.id/index.php/Jpdf/article/view/13.

Novindo Pustaka Mandiri, 2007, Tindak Lanjut Pedoman Tata Cara Hak Atas Tanah, CV. Novindo Pustaka Mandiri, Jakarta.

Candra, W. M., Hakim, R., Ricoida, D. I., Teguh, T., 2018, Sistem Informasi Dokumentasi dan Pengolahan Biaya pada Notaris dan PPAT Amir Husin, https://core.ac.uk/reader/35318599.

Bernandus, A., 2018, Perancangan Sistem Informasi Sirkulasi Berkas Notaris (Studi Kasus : Kantor Notaris & PPAT Sylvia Fransiska Tan, SH., MH.), Jurnal MASITIKA, Vol. 3, https://journal.widyadharma.ac.id/index.php/masitika/article/view/650.

Rachmatsyah, A. D. dan Merlini, D., 2017, Perancangn Sistem Informasi Administrasi Berbasis Desktop (Studi Kasus: Kantor Notaris & PPAT Hairul Masuli, SH., M.Kn.), Jurnal SISFOKOM, No2, Vol 6, https://www.neliti.com/id/publications/265642/perancangan-sistem-informasi-administrasi-surat-berbasis-desktop-pada-kantor-not.

Muda, 2015, Sistem Informasi Pengolahan Data Penduduk Pada Kelurahan Kabor Menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access, Laporan Kerja Praktek, Fakultas Teknik, Universitas Nusa Nipa, Maumere.

Saputro, A. D., 2008, Jati Diri Notaris Indonesia Dulu, Sekarang dan di Masa Datang, Gramedia Pustaka, Jakarta, ISBN: 979-979-22-3902-7.

Prasetyo, A., 2018, Eksekusi Barang Jaminan Fidusia di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah (KSPPS) Makmur Gemilang Sejahtera Magelang, Skripsi, Fakultas Hukum, Universitas Muhammadiyah, Magelang.

Nazir, M., 2014, Metode Penelitian, Galia Indonesia, Bogor, ISBN: 9794501735.

Published
2022-01-12