PERANCANGAN APLIKASI PEMBELAJARAN TEMPAT BERSEJARAH DI DUNIA UNTUK ANAK - ANAK BERBASIS MULTIMEDIA

  • Theresia Wihelmina Mado universitas nusa nipa
  • Yohanes Jibrail Mado universitas nusa nipa

Abstract

Proses pembelajaran pada anak-anak khususnya siswa SD saat ini terbatas yaitu cenderung mengandalkan pensil dan buku, seiring dengan adanya perkembangan teknologi pada saat ini, pembelajaran yang dimaksud dapat lebih di tuangkan lagi ke dalam aplikasi berbasis komputer untuk menciptakan suatu metode pembelajaran yang lebih menarik. Pembuatan aplikasi pembelajaran ini akan memberikan gambaran dan pengetahuan khususnya bagi siswa SD mengenai tempat bersejarah di lima benua. Aplikasi ini di buat semenarik mungkin yang ditampilkan dalam bentuk gambar-gambar yang disertai kombinasi warna dan animasi sehingga anak-anak lebih tertarik untuk mempelajarinya dan tidak cepat merasa jenuh. Program ini dibuat berbasis desktop, dan dibuat menggunakan Adobe Photoshop CS3, dan Macromedia Flash. Melalui metode ini dapat dibuat suatu tampilan dengan kombinasi warna, gambar, teks, video, suara dan animasi. Dengan adanya aplikasi pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi anak dalam belajar, khususnya membantu siswa memahami sejarah peradaban dunia. Selain itu anak juga sekaligus belajar menggunakan komputer karena aplikasi pembelajaran ini berbasis komputer.

References

Sya’roni, Irham dan Nurhidayah, Ulfa, 2009, Around The World, Penerbit Idea World Kidz, Yogyakarta.

Tim Penulis, 2010, Kiat Mahir IPS, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, Solo.

Damayanti, Septi, Eka, 2010, Aplikasi Ensiklopedia Sains Berbasis Multimedia, Skripsi Prodi Teknik Informatika, STIMIK Amikom Yogyakarta

Hoess, Kressentia, 2009, Pengembangan Aplikasi Multimedia Mengenai Pemanasan Global Bagi Siswa Sekolah Dasar, Skripsi Program Studi Teknik Informatika Atma Jaya (Unpublished), Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Binanto, iwan, 2010, Multimedia Digital Dasar Teori, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Madcoms, 2004, Macromedia Flash MX 2004, Yogyakarta: Andi.

Yang, Sunardi dan Suyoto, 2005, Multimedia dan Aplikasinya dengan Macromedia director, Elex media Komputindo, Jakarta.

Hendratman, Hendi, 2006, The Magic of Macromedia Director, Informatika, Bandung.

Windarti, Maria, 2008, Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Reproduksi Sel Pada Organisme Untuk Siswa SMP Berbasis Multimedia, Skripsi Program Studi Teknik Informatika Atma Jaya, Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Luwiana, Dina, 2009, Pengembangan Aplikasi Pemebelajaran Cerita Tokoh Alkitab Bagi Anak-anak, Skripsi Program Studi Teknik Informatika Atma Jaya, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Published
2022-01-12