PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU KOMPUTER SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TERBIMBING PADA POKOK BAHASAN PEMBUATAN JARINGAN DENGAN CLEAROS DI SMKN 3 MAUMERE

  • Helena Yunita Monika Doren

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan komputer, peran guru sangat penting dalam peningkatan kualitas siswa dalam belajar komputer dengan memperhatikan, memikirkan dan merencakan proses belajar mengajar yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, guru dapat memberikan motivasi atau dorongan maupun hal-hal baru dalam pembelajaran, terutama di kelas X yang hasil belajarnya masih rendah sehingga mengalami kesulitan memahami konsep pembuatan jaringan. Dengan adanya motivasi diharapkan siswa menyenangi komputer, sehingga prestasi ilmu komputer menjadi semakin meningkat. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah melalui metode terbimbing dapat meningkatkan hasil belajr komputer pada pokok bahasan pembuatan jaringan dengan ClearOS dan untuk mengetahui apakah aktifitas siswa dalam belajar tentang pembuatan jaringan menggunakan ClearOS dengan metode terbimbing di kelas X-TKJ SMKN 3 Maumere dapat meningkatkan hasil belajar komputer.

References

Arikunto,S. 1988. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Arikunto,S. 1991. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan. Jakarta: Rajawali Persada.

Marzono, Robert J. 1992. Diffrent Kind of Classroomm, Teaching with Dimensions of Learning. Alexandria VA:ASCD.

Mudjiono dan Dimayanti. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana,N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Published
2022-01-12
Section
Artikel