PERANCANGAN APLIKASI MOBILE INTERAKTIF PEMBELAJARAN EKONOMI (SIMEKO) PADA SISWA – SISWI SMP KELAS VIII

  • Febriyanti Alwisye Wara Universitas Nusa Nipa
  • Yanter Wilve Baly Woda Universitas Nusa Nipa
  • Claudia B Bada Universitas Nusa Nipa

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini telah merambah ke segala aspek kehidupan sehingga saat ini seolahmasyarakat telah dimanjakan oleh adanya alat-alat yang dapat memberikan kemudahan dalam aktifitassehari-hari. Salah satunya adalah handphone, yang ditandai lahirnya teknologi Smartphone. Kurikulummerdeka belajar bagi siswa – siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) merupakan kurikulum baru yangditerapkan pada jenjang Pendidikan SMP dengan keberagaman pembelajaran intrakurikuler agar siswadapat menyesuaikannya dengan kompetensi dan bakat yang dimiliki. Kurikulum ini juga mempunyai tujuanyaitu mengembalikan otoritas sekolah dan pemerintah daerah untuk mengelolah sendiri pendidikan yangsesuai dengan kondisi didaerahnya serta mempercepat pencapain tujuan Pendidikan nasional danmenyiapkan tantangan global era revolusi 4.0. Ekonomi merupakan salah satu mata pelajaran yangmenduduki peran penting dalam dunia Pendidikan, hal ini terbukti bahwa jenjang pendidikan SekolahLanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) bahkan sampai Perguruan Tinggi(PT) sebagian besar mempelajarai ilmu ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk perancangan aplikasimobile interaktif pembelajaran ekonomi sebagai upaya untuk mendukung kurikulum merdeka belajar padasiswa – siswi kelas delapan pada Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) perancangan aplikasi mobileinteraktif pembelajaran ekonomi (SIMEKO) fitur yang inovatif. Adapun fitur yang di rancang yaitu materidikemas dengan animasi secara virtual dan video, serta suara. Pada menu Latihan soal dikemas dalambentuk pilihan ganda dengan tampilan yang menarik, selain itu fitur lainnya adalah Game yang dapatmemotivasi siswa untuk belajar sambIl bermain
Published
2024-01-30