Optimalisasi Pemahaman Materi Rangkaian Logika Menggunakan Metode Direct Instruction dan Perangkat Bantu Simulasi Circuit Wizard

Agustinus Lambertus Suban, Imelda Dua Reja, Helena Yunita Monika Doren

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas tool bantu berupa circuit wizard dengan metode Direct
instruction terhadap hasil belajar Materi Gerbang Loika Mata Kuliah Pemrogramana Bahasa Dasar. Uji coba
dilakukan pada mahasiswa yang dikelompokan dalam dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen
dan masing-masing berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik
random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pretest dan posttest. Pada penelitian ini
penulis memilih dua model uji coba yaitu Kolmogorov Smirnov dan uji coba Ryan-Joiner pada kelas eksperimen.
Dari asil uji coba menggunakan uji Kolmogorv Sminorv terdapat KS: 0,149 dengan P-Value > 0,150 di mana
lebih dari 0,05, maka variabel dinyatakan berdistribusi normal. Demikian juga Uji coba Ryan-joiner terlihat RJ:
0,992 dengan P-Value > 0,100 di mana lebih dari 0,05, maka variabel ini juga dinyatakan berdistribusi normal.

Full Text:

PDF

References


Haryoko, Sapto, 2009, Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif

Optimalisasi Model Pembelajaran, Jurnal Edukasi @Elektro, Vol. 5, No. 01, pp 1-10.

Alfan, Fikri Rizqi., Munoto, 2014, Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Circuit Wizard

Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Rangkaian Listrik Arus Searah Di Smk Raden Patah Kota

Mojokerto, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Volume 03 Nomor 03 Tahun 2014, Halaman 679-

Rachman, Faissal, 2015, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik

Dengan Media Circuit Wizard Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instructions)

Berbasis Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Nomor 02 Tahun 2015,

-476

A‟Yunin, Qurroti, 2015, Penerapan Model Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dengan Software

Circuit Wizard Pada Pembelajaran Fisika Materi Ukum Kelistrikan Di SMK, Repositori,

unpublish.

Yuldiastanto, Deny Arsita, 2015, Penerapan Software Circuit Wizard Untuk Meningkatkan

Penguasaan Materi Pada Konsep Dasar Gerbang Logika, repository.upi.edu, Universitas

Pendidikan Indonesia, perpustakaan.upi.edu

Haryati, Sri, 2012, Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian

Dalam Bidang Pendidikan, FKIP-UTM, Vol. 37 No. 1, 15 September 2012 : 11-26

Widodo, dkk, 2014, Pengaruh Penggunaan Software Circuit Wizard Terhadap Motivasi Dan

Hasil Belajar Dasar Elektronika Siswa Kelas X Ototronik Di Smk Negeri 6 Malang, Jurnal

Teknik Mesin, No. 2, oktober 2014

Budiaji, Weksi, dkk, 2012, Pedugaan Standar Deviasi Untuk Sampel Kecil Dalam Penelitian

Pertanian, Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 1 No.1 Hal : 37-42 ISSN 2302-6308

Hermanto, Rahmat, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis

Media Pembelajaran Google For Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada

Bidang Kejuruan Multimedia Smk Negeri 3 Surabaya, Jurnal IT-Edu. Volume 01 Nomor 02

Tahun 2017, 23-27

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta