Optimalisasi Pemahaman Materi Rangkaian Logika Menggunakan Metode Direct Instruction dan Perangkat Bantu Simulasi Circuit Wizard

  • Agustinus Lambertus Suban
  • Imelda Dua Reja
  • Helena Yunita Monika Doren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas tool bantu berupa circuit wizard dengan metode Direct instruction terhadap hasil belajar Materi Gerbang Loika Mata Kuliah Pemrogramana Bahasa Dasar. Uji coba dilakukan pada mahasiswa yang dikelompokan dalam dua kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dan masing-masing berjumlah 20 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah pretest dan posttest. Pada penelitian ini penulis memilih dua model uji coba yaitu Kolmogorov Smirnov dan uji coba Ryan-Joiner pada kelas eksperimen. Dari asil uji coba menggunakan uji Kolmogorv Sminorv terdapat KS: 0,149 dengan P-Value > 0,150 di mana lebih dari 0,05, maka variabel dinyatakan berdistribusi normal. Demikian juga Uji coba Ryan-joiner terlihat RJ: 0,992 dengan P-Value > 0,100 di mana lebih dari 0,05, maka variabel ini juga dinyatakan berdistribusi normal

References

Haryoko, Sapto, 2009, Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran, Jurnal Edukasi @Elektro, Vol. 5, No. 01, pp 1-10.

Alfan, Fikri Rizqi., Munoto, 2014, Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Circuit Wizard Pada Kompetensi Dasar Menganalisis Rangkaian Listrik Arus Searah Di Smk Raden Patah Kota Mojokerto, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Volume 03 Nomor 03 Tahun 2014, Halaman 679-686

Rachman, Faissal, 2015, Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dasar Dan Pengukuran Listrik Dengan Media Circuit Wizard Menggunakan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instructions) Berbasis Kurikulum 2013, Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. Volume 04 Nomor 02 Tahun 2015, 469-476

A’Yunin, Qurroti, 2015, Penerapan Model Inquiri Terbimbing (Guided Inquiry) Dengan Software Circuit Wizard Pada Pembelajaran Fisika Materi Ukum Kelistrikan Di SMK, Repositori, unpublish.

Yuldiastanto, Deny Arsita, 2015, Penerapan Software Circuit Wizard Untuk Meningkatkan Penguasaan Materi Pada Konsep Dasar Gerbang Logika, repository.upi.edu, Universitas Pendidikan Indonesia, perpustakaan.upi.edu

Haryati, Sri, 2012, Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, FKIP-UTM, Vol. 37 No. 1, 15 September 2012 : 11-26

Widodo, dkk, 2014, Pengaruh Penggunaan Software Circuit Wizard Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Dasar Elektronika Siswa Kelas X Ototronik Di Smk Negeri 6 Malang, Jurnal Teknik Mesin, No. 2, oktober 2014

Budiaji, Weksi, dkk, 2012, Pedugaan Standar Deviasi Untuk Sampel Kecil Dalam Penelitian Pertanian, Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, Vol. 1 No.1 Hal : 37-42 ISSN 2302-6308

Hermanto, Rahmat, 2017, Penerapan Model Pembelajaran Student Centered Learning Berbasis Media Pembelajaran Google For Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Kejuruan Multimedia Smk Negeri 3 Surabaya, Jurnal IT-Edu. Volume 01 Nomor 02 Tahun 2017, 23-27

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published
2021-01-21
How to Cite
Suban, A. L., Reja, I. D., & Doren, H. Y. M. (2021). Optimalisasi Pemahaman Materi Rangkaian Logika Menggunakan Metode Direct Instruction dan Perangkat Bantu Simulasi Circuit Wizard. Increate - Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi, 6(1). Retrieved from https://increate.nusanipa.ac.id/index.php/increate/article/view/15
Section
Artikel