PENENTUAN GURU BERPRESTASI DI SMK NEGERI 3 MAUMERE MENGGUNAKAN ALGORITMA ITERATIVE DICHOTOMISER 3 (ID3)

Authors

  • Widya Waty Universitas Nusa Nipa
  • , Fransiska Dua Grengan Universitas Nusa Nipa
  • Faustina Katharina Ursula Karwayu Universitas Nusa Nipa
  • Andrikan Vinsensius Sao Universitas Nusa Nipa
  • Margaretha Rozady Universitas Nusa Nipa

Abstract

Penentuan guru berprestasi merupakan aspek penting dalam pengembangan pendidikan yang bertujuanuntuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penilaian kinerja guru tidak hanya mencakup pencapaianakademis siswa tetapi juga melibatkan berbagai aspek, seperti inovasi dalam pengajaran, kontribusi terhadappengembangan kurikulum, partisipasi dalam kegiatan ekstrakurikuler, dan pemberdayaan siswa. Pada penelitianini penentuan guru berprestasi di SMK Negeri 3 Maumere menggunakan algoritma ID3 dengan 6 kriteria yaitupenilaian kinerja guru, disiplin, karya inovatif, publikasi ilmiah, pengembangan diri, pembinaan ekstra danprestasi. penelitian ini bertujuan untuk mengkaji metode dan kriteria yang digunakan dalam menentukan guruberprestasi, serta dampaknya terhadap motivasi dan kinerja guru dalam konteks pendidikan. Hasil dari penelitianini yaitu metode ID3 dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk menentukan guru berprestasi terutamamenggunakan software Rapid Miner yang digunakan untuk membantu dan memudahkan sekolah dalammenentukan guru berprestasi di SMK Negeri 3 Maumere dalam rangka mencapai kinerja sekolah secaramaksimal yang berdampak pada peningkatan prestasi peserta didik. Berdasarkan analisis algoritma ID3didapatkan Penentuan prestasi guru dari 6 kriteria didapatkan bahwa kriteria disiplin merupakan kriteria yangpaling berpengaruh terhadap penentuan guru berprestasi di SMK Negeri 3 Maumere

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Waty, W. ., Grengan, , F. D. ., Karwayu, F. K. U. ., Sao, A. V. ., & Rozady, M. . (2024). PENENTUAN GURU BERPRESTASI DI SMK NEGERI 3 MAUMERE MENGGUNAKAN ALGORITMA ITERATIVE DICHOTOMISER 3 (ID3). Increate - Inovasi Dan Kreasi Dalam Teknologi Informasi, 10(1), 20–29. Retrieved from https://increate.nusanipa.ac.id/index.php/increate/article/view/78